mengenal genre musik

Mengenal 10 Genre Musik Beserta Karakteristiknya

Dalam dunia musik dikenal ada istilah genre. Genre musik sendiri terdapat banyak macamnya dan memiliki ciri khas masing-masing antara satu sama lainnya. Dilansir laman, genre musik adalah sistem klasifikasi yang mengelompokkan musik ke dalam gaya yang berbeda.

Tak hanya itu, genre musik dapat disebut pula sebagai seni menggabungkan nada instrumental dan vokal secara terstruktur yang memberikan karakter khas pada musik. Genre musik bisa merujuk pada periode musik itu dibuat, seperti apa gayanya, apa instrumen yang digunakan dan bagaimana fungsinya, hingga asal geografis musik itu.

Dengan genre juga, seseorang bisa langsung memahami dari mana suatu karya musik berasa, gayanya seperti apa, instrumen yang dipakai beserta cara penggunaannya.

Sekarang ini diperkirakan terdapat sekitar 1.300 genre musik di dunia, dan di antaranya masih belum bisa diidentifikasi. Meski begitu, hanya ada beberapa genre teratas yang paling banyak dipakai di industri musik.

Penasaran dengan genre musik yang ada di industri permusikan saat ini? Simak informasinya berikut pada uraian berikut.

Macam-macam Genre Musik

Dari banyaknya genre musik yang ada, ada beberapa yang paling favorit dan sering digunakan sekarang ini. Berikut genre musik favorit yang dikutip dari laman medium.com:

1. Pop

Musik Pop berasal dari kata ‘Populer’. Demikian Pop dikenal sebagai genre musik yang begitu terkenal. Musik Pop bersifat eklektik dan kerap meminjam unsur dari gaya seperti urban, rock, country, dan latin. Lagu dengan genre Pop biasanya berdurasi pendek hingga sedang. Sementara bagian chorusnya, nada melodi, serta hook berulang.

Instrumen yang banyak digunakan dalam genre Pop adalah gitar elektrik, drum synthesizer, serta bass. Bentuk musik Pop bisa detikers dengarkan dari lagu-lagu penyanyi Britney Spears, Madonna, Lady Gaga, hingga Michael Jackson.

2. Electronic Dance Music

Genre Electronic Dance Music dikenal juga dengan EDM. Bentuk musik ini biasanya diproduksi oleh DJ (Disc Jockey) dengan menambahkan nada-nada pada suatu karya sehingga tercipta musik remix yang unik.

Musik EDM biasa ditemukan dan didengar di klub-klub dengan melihat langsung seorang DJ yang sedang memutarnya.

3. Rock

Rock merupakan genre musik yang berasal dari rock & roll di Amerika Serikat pada tahun 1950-an. Awalnya genre Rock menggunakan alat musik dawai atau berkawat. Namun kini, musik ini memakai berbagai alat musik modern.

Ciri khas musik Rock terdengar dari ketukannya yang keras dan kuat sehingga banyak disukai di kalangan anak muda. Sejumlah bintang Rock antara lain band Metallica, Nirvana, The Doors, dan Pink Floyd.

4. Jazz

Musik Jazz lahir dari budaya Afrika Amerika pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Genre ini dapat diketahui dari ayunan dan nada musiknya. Beberapa penyanyi Jazz, seperti Ella Fitzgerald, Betty Carter, Abbey Lincoln, dan Ethel Waters.

5. Dubstep

Musik Dubstep termasuk genre musik electronic dance yang berasal dari London pada akhir tahun 1990-an. Dubstep umumnya menampilkan pola drum dan perkusi yang jarang dan dan tersinkronisasi dengan garis bass yang menonjol. Karena bass dan iramanya inilah, genre Dubstep banyak menarik perhatian pendengarnya.

6. Rhythm and Blues

Rhythm and Blues merupakan kombinasi musik hip hop, funk, dance, pop, dan soul. Lagu-lagu dengan genre ini berfokus pada tema seperti hubungan, aspirasi, hingga kebebasan.

Baca Juga : Tak Cuma Hollywood, Inilah 5 Negara Penghasil Film Terbanyak di Dunia

Genre ini muncul pada tahun 1940-an dan termasuk bentuk musik Afrika Amerika. Contoh penyanyi yang bergenre Rhythm and Blues adalah Rihanna, Mariah Carey, Beyonce, dan Usher.

7. Techno

Techno adalah bentuk musik electronic dance yang lahir di Detroit pada pertengahan hingga akhir tahun 1980-an. Kamu mungkin pernah mendengar musik genre techno saat di klub. Genre musik ini merupakan perpaduan musik Afrika Amerika, termasuk musik electronic oleh artis seperti Kraftwerk dan Giorgio Moroder.

8. Country

Genre Country berakar dari musik rakyat Amerika dan musik barat. Musik ini terbentuk dari instrumen seperti gitar elektrik dan akustik hingga drum dan mandolin. Contoh penyanyi Country yang populer, di antaranya adalah Shania Twain, Taylor Swift, dan Kenny Rogers.

9. Electro

Musik Electro merupakan perpaduan antara musik hip hop dan elektronik, elektro atau electro-funk yang biasanya menampilkan bunyi drum dan suara elektronik berat tanpa vokal. Jika ada vokal di lagu bergenre Electro, maka akan disampaikan dengan cara yang datar dengan instrumen seperti vocoding dan talk boxing.

10. Rock Indie

Genre Indie Rock termasuk kategori musik Rock alternatif. Genre ini lahir pada tahun 1980-an dan secara bertahap masuk ke industri musik. Kemudian dari Rock Indie juga melahirkan beberapa genre lain, seperti Emo, Noise Pop, Post Rock, dan Lo-Fi.

Itulah deretan genre musik yang paling banyak digunakan dalam industri permusikan sekarang ini. Ada genre musik favoritmu gak, detikers?

Tentang Penulis

admin2